Monday, July 11, 2011

Chickenpox Stories - Part 2


Posted by Picasa
Akhirnya Raka ketularan juga cacar air.. padahal aku udah mencoba "karantina" diri sendiri, bobo udah misah, gak kontak fisik sama sekali, pokoknya ya menjauhkan diri. Tapi mau gimana lagi namanya virus, nyebarnya gak cuma dari kontak fisik aja. Bisa dari nafas si penderita atau dari pakaian yang sudah terkontaminasi cacar air juga, atau barang-barang yg digunakan si penderita (dalam konteks ini adalah aku) :P

Well seminggu aku sembuh (belom sembuh banget sih, masih ada bekasnya kering gitu), ternyata Raka juga kena. Pertama sih cuman muncul bintik kecil di bawah hidungnya dan di punggung. Tapi lama kelamaan jadi lenting juga, ada cairnya. Udah curiga aja bawaannya. Akhirnya hari kedua, bawa kedokter dengan kondisi sudah bertambah itu lentingnya (jadi ada di beberapa bagian tubuh). Dan dokter sudah memastikan, yak itu cacar air. Duh, langsung down lah aku. Merasa bersalah sekali dan berusaha menguatkan diri untuk siap-siap menghadapi bagian terburuk dari serangan virus ini.


Gak tega beneran deh, masalahnya Raka nih baru 4 bulan udah harus kena cacar air. Kesian liatnya, kulitnya yg tadinya mulus bener harus tiba-tiba muncul lenting merah sana sini. Semua bagian tubuh kena, ya kepala, muka, leher, badan, tangan, kaki, bahkan sampe ke bagian-bagian dalam yang susah keliatan, kayak telinga, idung, selangkangan, bahkan didalem mulut juga. Fiuh.. T_T

Gara-gara infeksinya ada di mulut juga, ini yang bikin Raka susah banget mimik asi-nya. Sakit buat isep PD-ku kayaknya, tiap nyusu selalu nangis kenceng. Aku coba pumping asip dan Raka mimik pake dot, ternyata gak berhasil juga. Teteuuup nangis kejer. Aku jadi kewalahan sendiri ngadepin Raka yg nangis terus, takut dia dehidrasi karena kurang banget mimiknya. Akhirnya dicoba pakai sendok dan pipet, setidaknya sedikit-sedikit ada lah cairan yg masuk.

Hal yang bikin bingung juga, Raka pup terus menerus. Kalau diitung-itung sehari bisa 6-10 kali pup, itu pun gak banyak memang. Cuman sedikit-sedikit tapi sering, dan warnanya hijau bertekstur lendir dan berbiji. Aku takut dia diare aja. Tapi diliat dari gejala dan bentuk pupnya, itu bukan diare. Tetap hati-hati aja sih, terus ngasih mimik ke Raka sesering mungkin. Mudah-mudahan aja bukan "diare" beneran.

Hampir empat hari, Raka demam naik turun. Udah nyiapin parset dan plester kompres (walau gak ngefek sih, malah demam terus). Kasian liatnya, nangis terus gak berenti-berenti, berenti nangis buat mimik asi doank atau kalau demamnya udah turun dikit. :( Dan aku bener-bener gak bisa tidur selama Raka demam. Badan udah berasa rontok. Tapi semua demi anakku dan rasa bersalahku. Setelah rewelnya berkurang, suaranya Raka jadi serak-serak basah gitu. Mau nangis pun gak jadi, karena gak keluar suara. Kasian kamu, nak. :(

Aku berusaha tanya sana sini tentang cacar air pada bayi, banyak cari info bagaimana penanganan yg tepat. Sebisa mungkin sih aku pengennya gak usah pke obat-obatan yg diminum. Akhirnya aku terapin proses penyembuhannya sama kayak yg aku lakukan untuk diriku sendiri waktu kena cacar. Alhamdulillah, berhasil. Sekarang Raka udah mendingan, tinggal bekas-bekasnya aja.. Insyaallah, udah kena cacar air mah gak perlu lagi vaksin varicella nantinya.. Wkwkwkw.. ^_^

-----

Intinya sih, cacar air = jangan panik+rasional (halah, kayak aku gak panik aja, tiap malem nangis bombay.. heheh). Eh tapi bener loh, kalau udah melewatinya baru sadar ternyata emang gak perlu panik tapi rasional aja dan sigap. Soalnya penanganan cacar air gak perlu seekstreem penyakit lain. Karena penyakit ini disebarkan oleh virus, dengan kata lain saat virus itu sudah berkembang dalam tubuh pasti dia akan mati dengan sendirinya dan membentuk imun untuk tubuh. Jadi harus yakin aja, nanti juga sembuh sendiri.

Cacar air juga sebenernya gak perlu pakai obat apapun koq. Kadang kalau ke dokter, kita pasti diresepin obat-obatan semacam antivirus, salep, vitamin, dan lain-lain. Yang pasti, semua itu gak perlu, sekali lagi karena penyakit ini disebabkan virus.
Raka juga aku terapkan hal yang sama, tidak perlu obat cacar apapun yang diminum, selain parasetamol untuk demamnya. Paling cuma pake salep (itu pun karena orangtuaku keukeuh harus disalepin) dan bedak pengurang gatal. Dan setiap hari selama cacar, aku mandiin seperti biasa di air hangat, gak pake sabun sih, diganti pakai cairan antiseptik. Dan seminggu raka sembuh dengan sendirinya (walau sekarang masih banyak bekas cacar yang mengering dan jadi bintik-bintik hitam).

Mudah-mudahan aja, kejadian ini bikin aku jadi tambah sigap dan rasional tentang penggunaan obat-obatan untuk penanganan sakit. Amin..

Pokoknya, get well soon my baby boy.. 

0 comment(s):

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Comment please..

You can use some HTML tags, such as <b>, <i>, <a>, and using smiley code