Monday, April 14, 2014

Cerita Raka - Nambah Tempat Terapi Lagi

Mulai awal bulan April ini, ceritanya nyobain nambah jadwal terapi wicara buat Raka. Tapi gak mau ditempat yang selama ini Raka terapi (di JMC). Denger-denger dari ibu-ibu yang anaknya terapi di JMC juga, mereka juga terapi di klinik MH. Thamrin namanya, lokasinya didepan BTC bekasi. Kliniknya memang lebih fokus ke terapi wicara dan fisioterapi. Gak ada terapi SI atau OT seperti klinik tumbang kebanyakan. Tapi lagi katanya sih bagus sistem pengajarannya. Khususnya untuk terapi wicaranya. Karena kepala terapis disitu memang khusus terapis wicara. Akhirnya saya dan ayahnya raka memutuskan untuk mencoba tempat terapi tersebut. Lokasinya dipinggir jalan dan searah dengan arah pulang kerumah memudahkan kami menjangkau tempatnya, waktu itu kami kesana setelah terapi raka di JMC, karena si ayah kebetulan ijin masuk kerja setengah hari, jadi sekalian deh dateng ke klinik itu. Tempatnya kecil, hanya sebuah ruko yang dijadikan klinik. Ruang terapinya pun sangat kecil, hanya sekitar 2x3m lah. Cukup untuk satu anak dan satu terapis duduk tanpa lari-lari. Hihihi. Dan ajaib, Raka bisa masuk ruangan terapi tanpa ditarik-tarik. Nyelonong aja gitu masuk ruangan masih pake sepatu pula. Beda banget sama kalo terapi di JMC.

Awalnya kami melakukan sesi observasi dulu dengan kepala terapis disana, namanya Ibu Imbang. Yah seperti observasi ditempat lain yang sebelumnya kami beberapa kali lakukan. Kami ditanya ini itu seputar riwayat sedari saya hamil hingga aktivitas keseharian Raka dirumah. Hasilnya, lagi-lagi seperti yang kami duga, karena faktor lingkungan dan kurangnya sosialisasi dengan orang banyak yang membuat sifat autistik Raka berkembang. Yah itu sih hasil observasi dari si Ibu Imbangnya yang melihat sekilas barangkali. Ntah dari segi medisnya mah. Toh sampai saat ini, saya dan ayahnya Raka memang belum mencoba melakukan tes medik untuk Raka. Pengen sih, tapi kebentur biaya yang mihil sangad. = ='

Akhirnya, setelah sesi observasi, Raka dikasih dua kali jadwal terapi wicara. Untungnya jadwalnya dihari yang sama dengan terapi di JMC, cuma beda jam aja. Biar sekalian gitu, gak tiap hari banget. Seminggu 3 kali terapi aja udah cape banget kayaknya. Sekarang malah ditambah jadwal lagi. Hehehe. Semangat ya Raka, biar cepet bisa ngomong. 

Mudah-mudahan ada hasil dibalik jerih payah kami ini. Walau sebenarnya faktor keseharian Raka dirumah juga masih belum ada perbaikan (dari diri sayanya). Kadang saya masih terlalu cuek sama Raka dan membiarkan Raka beraktivitas sendiri, masih ngasih main hape, nonton video di tv atau laptop. Kadang susah membagi waktu untuk bermain sama Raka dan mengurus pekerjaan rumah. Malah kadang kalau udah mumet sama semuanya, saya malah asyik main game di hape, ditinggal aja semua kerjaan dirumah gitu. *kacau nih bunda*. Jadi merasa bersalah. *tapi nanti kesalahannya diulang lagi diulang lagi diulang lagi*

T.T

Anyway, semoga gak sia-sia nambah terapi buat Raka ya. Biarin ayah sama bunda yang berjuang untuk Raka. Kami akan mencoba menjadi lebih baik. Tolong sabar ya nak. Suatu hari nanti, pasti. Bunda juga akan selalu bersabar menunggu Raka berkata, "Bunda... I love you!".

Love you more, Raka Fathir Dhiyaurrachman.

2 comments:

  1. Hallo mbak. Aku lg blog walking dan seketika baca blog mbak.. pas aku baca raka persis sama bgt kaya anakku gary..minggu ini gary jg mau terapi si. Umurnya 2 tahun dan belum bisa bicara sm skali. Aku sempet liat disalah satu postingan mbak raka sedang menjejerkan donat mainan menyamping..sama sekali dgn anak aku. Kalau boleh tau bagaimana progress raka mbak? Aku boleh ngobrol2 kah dgn mbak? Emailku grace.windatama@gmail.com tks mbak 😊

    ReplyDelete
  2. Hallo mbak. Aku lg blog walking dan seketika baca blog mbak.. pas aku baca raka persis sama bgt kaya anakku gary..minggu ini gary jg mau terapi si. Umurnya 2 tahun dan belum bisa bicara sm skali. Aku sempet liat disalah satu postingan mbak raka sedang menjejerkan donat mainan menyamping..sama sekali dgn anak aku. Kalau boleh tau bagaimana progress raka mbak? Aku boleh ngobrol2 kah dgn mbak? Emailku grace.windatama@gmail.com tks mbak 😊

    ReplyDelete

Comment please..

You can use some HTML tags, such as <b>, <i>, <a>, and using smiley code