Thursday, May 19, 2011

Mengenal Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Siapa sih ibu yang tidak mau menyusui langsung dari payudaranya? Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan dan asupan terbaik untuk bayi. Dan hak bayi adalah memperoleh ASI Eksklusif (ASIX) tanpa perlu tambahan makanan dan asupan lain selama bulan-bulan pertama kelahirannya. Untuk itu, memberikan ASIX selama 6 bulan pertama kehidupan bayinya merupakan karunia terindah yang diberikan Allah kepada seorang ibu. Dan untuk mendukung tercapainya ASIX ini salah satunya melalui metode Inisiasi Menyusu Dini (IMD).

Apa itu IMD?
IMD adalah suatu metode untuk mengenalkan bayi pada payudara ibu pada 1 jam pertama umurnya. Proses dimana bayi secara alamiah mencari puting ibu untuk menyusu. Metode IMD yang tepat akan menentukan keberhasilan pemberian ASIX dikemudian hari. Kebanyakan pada saat proses kelahiran bayi, biasanya begitu lahir akan langsung dimandikan dan diselimuti bahkan dijauhkan dari ibunya untuk dihangatkan dalam inkubator. Padahal sebenarnya ada cara lain untuk menghangatkan bayi begitu dilahirkan, caranya dengan IMD ini. Karena begitu bayi ditempelkan pada dada ibu maka bayi akan beradaptasi dengan suhu tubuh si ibu yang hangat.

Proses IMD diawali dengan meletakkan bayi diatas dada ibu sesaat setelah melahirkan, pada 30 menit pertama bayi akan beradaptasi dengan suhu tubuh si ibu dan mulai mencium bau tubuh ibu serta mulai menjilati tangannya. Bau ketuban pada tubuh bayi sama dengan bau tubuh ibu, maka secara otomatis bayi akan mulai merangkak mencari puting ibu untuk menyusu. Pada 30 menit berikutnya, bayi akan mulai mengarahkan mulutnya ke puting ibu dan mulai menyusu. ASI pertama yang diperoleh bayi berupa kolostrum, cairannya berwarna keruh kekuningan, namun ini adalah cairan mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh si bayi kelak.

Namun metode IMD ini dapat berhasil atau tidak tergantung dari proses kelahiran sang bayi, biasanya proses ini didukung jika ibu melahirkan secara normal dan tidak ada kejadian bayi biru atau kuning atau prematur dan kelainan-kelainan lain. Serta didukung oleh pihak-pihak yang membantu persalinan si ibu dan bayi. Sayangnya masih sedikit rumah sakit/rumah bersalin yang mendukung proses IMD yang tepat. 

Semoga saat ini semakin banyak calon ibu yang sadar akan pentingnya ASI bagi kelangsungan hidup anaknya. Karena tidak ada susu apapun yang mengalahkan ASI. Jadi pentingnya berbagi informasi dan pengalaman untuk sukses menjalankan ASIX perlu kita tingkatkan. 

Ini ada video tentang proses IMD, jangan dianggap vulgar atau porno ya.. Tapi ini namanya INFORMASI PENTING!!! Buat bunda semua yang mau sukses ASIX.. =D



2 comments:

  1. hip hip hurray..
    hidup ASI ehehe

    ReplyDelete
  2. udah mulai massage PD belum? biar asi lancar :D *mumpung menjelang persalinan tu mbo'e ;)) *jgn kayak si sayah.. 3 hari persalinan baru keluar asinya.. :((

    ReplyDelete

Comment please..

You can use some HTML tags, such as <b>, <i>, <a>, and using smiley code