Monday, June 06, 2011

Raka's First Clodi

Awalnya sih masih bingung, clodi itu apaan sih? Cloth diaper atau disini sering dibilangnya clodi. Popok modern dengan sistem kayak disposal diaper gitu, cuman clodi ini bisa di cuci-kering-pakai lagi kayak pake popok biasa. Dan keunggulannya clodi bisa menampung lebih dari sekali pipis atau maksimal kira-kira 120ml lah. Dan gak pake bocor kemana-mana, karena daya serapnya ajib banget deh (menganut prinsip disposal diaper) karena cover clodinya terbuat dari bahan PUL yang anti bocor gitu, dan ada insertnya yang bisa menyerap basahan pipis dengan baik.


Dari jaman aku dulu kecil sampe sekarang mah taunya popok bayi tuh yang model konvensional banget, kayak kain yang ada tali diiket ke perut gitu..

Raka juga ngalamin pake popok kain ini juga sampai sekarang dan kemudian beralih pake disposal diaper karena cape banget tiap hari nyuciin popok kain. Bayangin aja, sehari bisa lebih dari selusin popok kain, celana, bedong dan baju raka yang harus dicuci. Setiap kali pipis atau pup semua-mua jadi basah, jadi terpaksa harus dicuci juga deh. Kebayang capenya, karena gak punya pembantu dan semua-mua harus ngerjain sendiri. Belum lagi bajuku yang dikit-dikit kena pipis atau muntahnya raka juga. Heuheu.. Jadi makin numpuk deh cucian.. :P

Sampe akhirnya saking capenya (dan males juga) buat nyuci setumpuk pakaian raka tiap hari, raka dipakein disposal diaper dari pagi ke pagi lagi. Efeknya? Boros banget.. = =' 
Untungnya sih, kulit raka bagus.. belum pernah sampe kena ruam popok (mudah-mudahan gak pernah deh) paling cuman merah-merah kena kerutan diaper dan cepet hilang pake cream baby atau mandi.

Berpikir pengen beralih ke clodi aja deh, itung-itung ternyata better pake clodi daripada harus buang-buang uang terus untuk diaper. Walau belum terlaksana penuh sih pake clodi-nya. Masih coba-coba ini juga pake clodinya. Baru beli 3 biji. Hihihii.. And the first time use it, cukup baik lah. Gak ada bocor, gak ada merah-merah, gak banyak cucian.

Keuntungan lainnya, bajuku aman gak dipipisin raka, atau kasur yang juga aman dari ompol bocor, dan bebas digendong pake baby wrap kapan aja.. (sebelumnya sih, klo raka pake popok kain.. anti deh gendong pke baby wrap. *emak2 pelit*).

Kita coba bikin simulasi perhitungan, mana yang lebih untung pake clodi atau disposal diaper. Ini hitungan kasar per hari yah =D

# Pakai popok kain + disposal diaper

Pakai popok kain dari jam 5 pagi sampe jam 5 sore :
10-20x pipis = 10-20 popok kain+celana+baju = cucian numpuk!!!
Pakai dispo dari jam 5 sore sampe jam 5 pagi :
3x ganti = 3 dispo x 1500/harga dispo satuan = 4500/malam
Per bulan : 4500 x 30 hari = 135.000
Per tahun : 135.000 x 12 bulan = 1.620.000
Baby pake dispo sampe umur 3 tahun : 1.620.000 x 3 = 4.860.000

# Pakai disposal diaper

Pakai dispo sehari semalam :
Misal max. 8x ganti = 8 dispo x 1500/harga dispo satuan =  12.000/hari
Per bulan : 12.000 x 30 hari = 360.000
Per tahun : 360.000 x 12 bulan = 4.320.000
Baby pake dispo sampe umur 3 tahun : 4.320.000 x 3 =  12.960.000 (Wow, bisa beli motor... ^o^)

Belum lagi efek negatif pake dispo tiap hari.. Bisa ruam popok, kasian kan si baby.. TT_TT plus efek negatif ke dompet juga bikin stress looh.. Hehehe..

Coba bandingkan kalau pake clodi tiap hari yuks..

# Pakai clodi

Misal harga satuan clodi : 80.000 (carinya clodi yg merk lokal aja, banyak yg murah koq).
Pakai clodi perhari 3-5 clodi, cadangan buat besok atau kebetulan cuaca lagi hujan 3-5 clodi juga, jadi total clodi yang kira-kira perlu dibeli : 6-10 clodi (kalau duit berlebih mah, mau beli banyak juga sok aja.. )
Jadi, modal awal beli clodi sekitar 6-10 clodi x 80.000 = 480.000-800.000 untuk 3 tahun.

Sudah, gak pake nambah biaya apapun.. cucian juga gak banyak ganti baju/celana karena kena pipis atau pup. Kira-kira kalau ganti baju, paling hanya 2-4x perhari.. Irit kan? Insyaallah, kalau perawatannya bagus juga bisa dihibahkan ke adiknya lagi nanti. Hehehe..

Emang ini waktunya jadi Smart Mom sih, modal gede dikit, tapi bisa hemat dan pintar. Makanya, aku juga lagi mulai nyicil nih buat beli clodi-nya raka. Mudah-mudahan aja, bisa full clodi ajah, biar gak tambah cucian, tambah biaya dispo juga. Hehehe..

Yuk bunda, jadi Smart Mom.. =D

4 comments:

  1. kirain cm aq aj yg msh pakein baby nya popok tali kya gtu. bundanya raka sama bgt tuh aq jg dah kwalahan m cucian popok my baby boy eza yg stumpuk. tp skg dah mulai pk clodi alhmdlh ngbantu bgt walopn blm bs full day jg sih,eza br pny 4biji tp lumayanlah bs ngurangin cuciannya.
    mdh2n bs scptny pakein eza clodi full day

    ReplyDelete
  2. waah... bunda eza juga ngalamin yah? emang repot ya klo cucian numpuk apalagi klo gak punya pembantu. hihihi.. mari kita ber-clodi ria.. :D
    mudah-mudahan eza-nya cepet full clodi juga yaa..

    sun buat eza ya, salam kenal dari raka :-*

    ReplyDelete
  3. Hi bun.. salam kenal, saya pinjam image popok tali-nya yaa, ini link nya, thankss http://mommyhungryalready.blogspot.sg/2012/07/clodi-cloth-diaper-diary.html#more

    ReplyDelete
  4. hi hungry mama :)
    okey, silahkan dipakai image-nya.. ^^
    thx for coming

    ReplyDelete

Comment please..

You can use some HTML tags, such as <b>, <i>, <a>, and using smiley code